RELIGI  

Pesan Harian UJH : Even Tahunan

Even tahunan yang cukup menyita pengunjung dalam waktu yang cukup lama di Bengkulu adalah Tabot. Acara ini berlangsung dari tanggal 1 – 9 Muharram 1446 Hijriyah. Dan hari ini agenda itu dimulai sejak dibuka secara resmi malam tadi.

Agenda tabot terbagi dua, acara sakral dikerjakan oleh Kerukunan Keluarga Tabot (KKT) dan acara berbabagi lomba serta bazar dilaksanakan oleh pemerintah daerah. Biasanya sepanjang 10 hari selama berlangsungnya tabot selalu ramai dikunjungi oleh masyarakat terutama lokasi bazar karena menjual berbagai produk baik kuliner, alat rumah tangga, pakaian hingga kendaraan dari berbagai jenis merk.

Even tahunan yang dirayakan ini menjadi momen tersendiri bagi ummat Islam Bengkulu bila ingin mengevaluasi diri. Sebab Muharram adalah awal penanggalan bagi ummat Islam. Maka, dengan pergantian dari Zulhijjah ke Muharram artinya meninggalkan tahun 1445 hijriyah dan memasuki tahun baru Islam 1446 Hijriyah. Semoga even tahunan ini menjadi even bagi masing-masing diri untuk mengevaluasi diri. Sebab tahun bertambah tetapi umur kita semakin mendekati ajal masing-masing. Selamat Tahun Baru Islam 1446 Hijriyah.

Pagar Dewa, 07072024
Salam Ujh