Pesan Harian UJH : Jangan Bosan Menyampaikan Kebaikan

Banyak cara buat berdakwah. Dakwah tidak selalu dengan ceramah. Melintasi kerumunan orang yang sedang bersantaibdi jam-jam shalat dengan pakaian rapi bersih adalah dakwah. Menjadi donatur adalah dakwah. Baca Quran dengan suara yang indah adalah dakwah. Berkata benar pun dakwah.

Sekalimat ajakan kebaikan. Sepatah kata ajakan beribadah. Seutas kalimat buat memotivasi agar senantiasa dekat dengan Allah. Dan sepatah kata disertai tatapan kebencian buat melarang siapapun yang mau berbuat dosa adalah dakwah.

Hanya saja, semuanya akan berisiko. Di saat kita menyampaikan atau menyerukan kebenaran dan melarang kemunkaran, maka kita akan menemukan dua reaksi yang berlawanan.
Orang-orang yang cerdas, hidup hatinya, dan bersih jiwanya akan berfikir dan merenung. Sedangkan
yang bodoh, kotor jiwa dan hatinya, maka dia akan tersinggung dan mungkin akan marah. Allâh Azza wa Jalla menjelaskan dalam firman-Nya:
وَمَا أَرْسَلْنَا مِنْ قَبْلِكَ مِنْ رَسُولٍ وَلَا نَبِيٍّ إِلَّا إِذَا تَمَنَّىٰ أَلْقَى الشَّيْطَانُ فِي أُمْنِيَّتِهِ فَيَنْسَخُ اللَّهُ مَا يُلْقِي الشَّيْطَانُ ثُمَّ يُحْكِمُ اللَّهُ آيَاتِهِ ۗ وَاللَّهُ عَلِيمٌ حَكِيمٌ ﴿٥٢﴾ لِيَجْعَلَ مَا يُلْقِي الشَّيْطَانُ فِتْنَةً لِلَّذِينَ فِي قُلُوبِهِمْ مَرَضٌ وَالْقَاسِيَةِ قُلُوبُهُمْ ۗ وَإِنَّ الظَّالِمِينَ لَفِي شِقَاقٍ بَعِيدٍ ﴿٥٣﴾ وَلِيَعْلَمَ الَّذِينَ أُوتُوا الْعِلْمَ أَنَّهُ الْحَقُّ مِنْ رَبِّكَ فَيُؤْمِنُوا بِهِ فَتُخْبِتَ لَهُ قُلُوبُهُمْ ۗ وَإِنَّ اللَّهَ لَهَادِ الَّذِينَ آمَنُوا إِلَىٰ صِرَاطٍ مُسْتَقِيمٍ
Dan Kami tidak mengutus sebelum kamu seorang rasul pun dan tidak (pula) seorang nabi, melainkan apabila dia mempunyai sesuatu ke­inginan, syetan pun memasukkan godaan-godaan terhadap keingin­an itu, Allâh menghilangkan apa yang dimasukkan oleh syetan itu dan Allâh menguatkan ayat-ayat-Nya. Dan Allâh Maha Mengetahui lagi Mahabijaksana, agar Dia menjadikan apa yang dimasukkan oleh syetan itu, sebagai cobaan bagi orang-orang yang di dalam hatinya ada penyakit dan yang keras hatinya. Dan sesungguhnya orang-orang yang zhalim itu, benar-benar dalam permusuhan yang sangat, dan agar orang-orang yang telah diberi ilmu meyakini bahwa al-Qur’an itulah yang haq dari Rabbmu lalu mereka beriman dan tunduk hati mereka kepadanya, dan sesungguhnya Allâh adalah Pemberi Petunjuk bagi orang-orang yang beriman kepada jalan yang lurus.” (Al Hajj 52-54)

Pagar Dewa, 12122023
Salam Ujh

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *