Pesan Harian UJH : Ridlo dan Tidak Ridlo

Sudah berusaha dengan maksimal, melibatkan Allah dengan cara berdoa dan beribadah. Bahkan ditambah dengan nazar. Agar apa yang diinginkan tercapai. Ternyata hasilnya nol. Kondisi seperti sering membuat seseorang down, drop, frustasi bahkan putus asa. Padahal jika berhasil apa yang kita inginkan belum tentu kita lebih baik dari sebelumnya. Maka itu, apapun yang terjadi atas kita terimalah dengan ridlo. Sebab dengan ridlo atau tidak ridlo hal tersebut sudah terjadi.

Hanya saja, jika kita tidak ridho dengan ketetapan Allah subhanahu wa ta’ala, ini hanya membuat hati semakin kecewa dan menderita. Semakin susah dan sengsara. Emosi, marah dan putus asa. Hanya membuat hati menjadk kering kerontang, menjadikan hati kita, hati yang bingung, hati yang susah, hati yang hidupnya merana.

Sebaliknya jikalau kita ridho dengan ketetapan Allah maka ketahuilah Allah akan ridho pada kita dan akan memberi jalan kemudahan bagi hidup hamba-Nya. Bahkan Allah akan gantikan dengan yang lebih baik dari yang kita damba. firman Allah:

وَعَسَى أَنْ تَكْرَهُوا شَيْئًا وَهُوَ خَيْرٌ لَكُمْ وَعَسَى أَنْ تُحِبُّوا شَيْئًا وَهُوَ شَرٌّ لَكُمْ وَاللَّهُ يَعْلَمُ وَأَنْتُمْ لَا تَعْلَمُونَ

“Boleh jadi kamu membenci sesuatu, padahal ia amat baik bagimu, dan boleh jadi (pula) kamu menyukai sesuatu, padahal ia amat buruk bagimu; Allah mengetahui, sedang kamu tidak mengetahui.” (QS. Al-Baqarah: 216).

Pagar Dewa, 04112023
Salam Ujh

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *