RELIGI  

Pesan Harian UJH : Selamat Kembali Para Jamaah Haji

Alhamdulillah para jamaah haji asal Bengkulu sesuai dengan kloternya masing-masing telah kembali ke tanah air khususnya jamaah haji Bengkulu. Tentu sangat lelah dengan perjalanan yang panjang juga se abrek oleh-oleh buat keluarga serta handai tolan yang tandang pengen dengar cerita.

Ibadah haji adalah ibadah biasa. Ibadah haji ini terkesan luar biasa karena tempatnya ditentukan, waktunya tidak bisa sembarangan dan untuk kesana butuh biaya yang tidak ketulungan. Oleh karena itu bisa berangkat haji sungguh sesuatu yang diharap dan menjadi doa bagi semua muslim. Maka itu, sepulang haji ada saja masyarakat  yang memanggil pak haji, bu haji sebagai panggilan kehormatan sebab bangsa Indonesia amat sangat terkenal dengan kesantunannya.

Mabrur atau mabrurahkah haji kita? Tentang pahala dan catatan diterima atau tidaknya haji seseorang hanya Allah lah Yang Maha Tahu. Akan tetapi secara kasat mata para ulama sudah memberi acuan buat kemabruran haji seseorang di tengah masyarakat. Yakni, ada perubahan yang baik setelah pulang haji baik dalam tutur kata, perbuatan dan cara beribadah.

Dalam arti sebelum berangkat haji jarang ke masjid setelah pulang haji rajin ke masjid. Terkait dengan meramaikan masjid. Jamaah masjid sangat berharap para haji yang baru pulang bagian dari jamaah yang mau menghidupkan shalat berjamaah di masjid. Bagi yang masjidnya buka mingguan dengan adanya haji yang baru pulang bisa menggerakkan masyarakat untuk shalat 5 waktu di masjid. Semoga.

اِنَّمَا يَعْمُرُ مَسٰجِدَ اللّٰهِ مَنْ اٰمَنَ بِاللّٰهِ وَالْيَوْمِ الْاٰخِرِ وَاَقَامَ الصَّلٰوةَ وَاٰتَى الزَّكٰوةَ وَلَمْ يَخْشَ اِلَّا اللّٰهَ ۗفَعَسٰٓى اُولٰۤىِٕكَ اَنْ يَّكُوْنُوْا مِنَ الْمُهْتَدِيْنَ

Sesungguhnya yang memakmurkan masjid Allah hanyalah orang-orang yang beriman kepada Allah dan hari kemudian, serta (tetap) melaksanakan salat, menunaikan zakat dan tidak takut (kepada apa pun) kecuali kepada Allah. Maka mudah-mudahan mereka termasuk orang-orang yang mendapat petunjuk.

Pagar Dewa, 28062024
Salam Ujh