RELIGI  

Pesan Harian UJH : Semua Sumber Pahala. Andaikata Tidak Shalat?

Jika ada terbaca atau mendengar hadits menuntut ilmu sejak dari buaian sampai ke liang lahat.
اُطْلُبُوْ الْعِلْمُ مِنَ الْمَهْدِ اِلَي الْلَحْدِ
Tuntutlah ilmu sejak dari buaian sampai liang lahat

Bukan berarti harus sekolah seumur hidup akan tetapi seumur hidup kita memang tak pernah berhenti belajar. Belajar berbagai hal, baik dari orang, lingkungan, alam atau dari makhluk Allah yang lainnya. Adakah kita tahu bahwa menuntut ilmu adalah bagian dari taqwa.

Tanpa sengaja terkadang kita sering menyampaikan sesuatu kepada seseorang yang membuat orang tersebut menjadi paham. Adakah kita tahu bahwa menyampaikan ilmu adalah ibadah.

Terkadang kita lupa lalu buka lagi buku-buku lama atau tanya pada mereka yang paham. Adakah kita tahu bahwa mengulang-ulang ilmu adalah zikir dan mencari ilmu adalah jihad. Semua itu adalah ladang amal, sumber pahala. Andaikata kita tidak shalat alangkah sayangnya sedemikian banyak pahala tak mampu tegak karena tak bertiang sebab shalat adalah tiang agama. Dan shalat amal awal yang akan ditanya.
وَعَنْ أَبِي هُرَيْرَةَ – رَضِيَ اللهُ عَنْهُ – ، قَالَ : قاَلَ رَسُولُ اللهِ – صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ – : (( إنَّ أَوَّلَ مَا يُحَاسَبُ بِهِ العَبْدُ يَوْمَ القِيَامَةِ مِنْ عَمَلِهِ صَلاَتُهُ ، فَإنْ صَلُحَتْ ، فَقَدْ أفْلَحَ وأَنْجَحَ ، وَإنْ فَسَدَتْ ، فَقَدْ خَابَ وَخَسِرَ ، فَإِنِ انْتَقَصَ مِنْ فَرِيضَتِهِ شَيْءٌ ، قَالَ الرَّبُ – عَزَّ وَجَلَّ – : اُنْظُرُوا هَلْ لِعَبْدِي مِنْ تَطَوُّعٍ ، فَيُكَمَّلُ مِنْهَا مَا انْتَقَصَ مِنَ الفَرِيضَةِ ؟ ثُمَّ تَكُونُ سَائِرُ أعْمَالِهِ عَلَى هَذَا )) رَوَاهُ التِّرمِذِيُّ ، وَقَالَ : (( حَدِيثٌ حَسَنٌ ))

Abu Hurairah radhiyallahu ‘anhu berkata, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, “Sesungguhnya amal yang pertama kali dihisab pada seorang hamba pada hari kiamat adalah shalatnya. Maka, jika shalatnya baik, sungguh ia telah beruntung dan berhasil. Dan jika shalatnya rusak, sungguh ia telah gagal dan rugi. Jika berkurang sedikit dari shalat wajibnya, maka Allah Ta’ala berfirman, ‘Lihatlah apakah hamba-Ku memiliki shalat sunnah.’ Maka disempurnakanlah apa yang kurang dari shalat wajibnya. Kemudian begitu pula dengan seluruh amalnya.” (HR. Tirmidzi, ia mengatakan hadits tersebut hasan.) [HR. Tirmidzi, no. 413 dan An-Nasa’i, no. 466. Al-Hafizh Abu Thahir mengatakan bahwa hadits ini shahih.]

Pagar Dewa, 12062024
Salam Ujh