Pesan Harian UJH : Tidak Bisa Bantu Minimal Jangan Buat Susah

Kisah-kisah unik dan nyata yang dipaparkan dalam pesan harian berturut-turut dua hari yang lalu merupakan pelajaran bagi diri sendiri dan syukur alhamdulillah bagi siapa pun yang mau mengambil i’tibar.

Dalam hidup ini. Jika tidak memungkinkan buat kita membantu orang lain minimal jangan menambah susah pada orang lain. Semisal orang sudah susah dalam perjalanan jauh dan tiba di jalan berlubang supir diminta uang padahal tidak ada alasan buat meminta uang. Hanya menunggu di jalan rusak dan berlubang saja.

Saling pengertian dalam banyak hal termasuk saat sama-sama menjaga pasien di rumah sakit. Alangkah mulianya berbagi. Walau tidak berbagi makakan paling tidak berbagi cerita, saling pinjam kursi jika ada pembesuk. Bukan malah sempit hati bahkan sampai menyakiti orang. Meskipun cuma dengan sepakan kecil dan ringan tetapi itu akan membekas selamanya dalam batin. Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda :

اَلْـمُسْلِمُ أَخُوْ الْـمُسْلِمِ ، لَا يَظْلِمُهُ وَلَا يُسْلِمُهُ ، وَمَنْ كَانَ فِـيْ حَاجَةِ أَخِيْهِ ، كَانَ اللهُ فِيْ حَاجَتِهِ ، وَمَنْ فَرَّجَ عَنْ مُسْلِمٍ ، فَرَّجَ اللهُ عَنْهُ كُرْبَةً مِنْ كُرَبِ يَوْمِ الْقِيَامَةِ ، وَمَنْ سَتَرَ مُسْلِمًـا ، سَتَرَهُ اللهُ يَوْمَ الْقِيَامَةِ.

Seorang Muslim adalah saudara orang Muslim lainnya. Ia tidak boleh menzhaliminya dan tidak boleh membiarkannya diganggu orang lain (bahkan ia wajib menolong dan membelanya). Barang siapa membantu kebutuhan saudaranya, maka Allah Azza wa Jalla senantiasa akan menolongnya. Barang siapa melapangkan kesulitan orang Muslim, maka Allah akan melapangkan baginya dari salah satu kesempitan di hari Kiamat dan barang siapa menutupi (aib) orang Muslim, maka Allah menutupi (aib)nya pada hari Kiamat. (HR. Bukhari)

Pagar Dewa, 29012024
Salam Ujh

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *