Pesan Harian UJH : Umroh Januari 2024 Bag. 9. Perjalanan ke Madinah

Jarak Mekkah ke Madinah mencapai 450 Km biasa ditempuh dengan perjalanan bus 6 – 8 jam. Hanya saja sepanjang perjalanan datar semua tidak ada turun naik tebing. Kalaupun ada tebingnya sangat landai. Biasanya pertengahan atau 3 jam perjalanan bus berhenti di rest area. Kali ini dan ini pertamanya bagi saya bus berhenti di restoran indonesia yang belum sampai setahun berdiri.

Tentu menunya adalah menu Indonesia seperti bakso, pangsit, mie rebus, nasi goreng, sop buntut, ikan nila goreng, Mpek-mpek dan juga ada sajian menu lokal seperti nasi briyani. Dari namanya memang benar rumah makan ini milik orang Indonesia. Pemiliknya adalah Hajah Nurmila, ibu asli Sumenep yang sudah 14 tahun mengadu nasib di Tanah Suci. Langkah bisnis Ibu Nurmila cukup berani. Anggaran mendirikan restoran berukuran 20 x 10 meter.

Jauhnya perjalanan, ternyata prediksi awal tidak pas. Sebab rencana semula shalat maghrib di jamak takhirkan dengan isya. Ikut isya dulu baru shalat maghrib. Ternyata kami sampai shalat isyanya sudah selesai. Maka, kepada jamaah hanya diberi petunjuk agar tetap shalat di masjid Nabawi sebab jaraknya tidak sampai 200 meter dari hotel. Tidak bisa bersama-sama ke masjid karena ada yang mau mandi setelah makan malam. Ada yang langsung ke masjid setelah makan. Alhamdulillah kondisi semua jamaah tetap fits, sehat dan bersemangat.

Madinah, 11012023
Salam Ujh

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

1 komentar

  1. Thank you I have just been searching for information approximately this topic for a while and yours is the best I have found out so far However what in regards to the bottom line Are you certain concerning the supply