oleh

Puan Maharani Kunjungi Makam Imam Bukhari di Uzbekistan

-RELIGI-435 Dilihat

Religi, jurnalisbengkulu.com – Puan Maharani berkunjung ke kompleks makam Imam Bukhari di Samarkand, Uzbekistan didampingi Imam Masjid Imam Al-Bukhari.

Puan Maharani mengaku sudah lama berniat berziarah ke makam Imam Bukhari, menurutnya, tempat ini punya kenangan tersendiri bagi keluarganya.

“Sudah lama sekali saya ingin ke tempat ini, berziarah ke Imam Bukhari, seorang perawi hadits. Terlebih, tempat ini punya kenangan tersendiri bagi keluarga saya,” kata Puan di pada postingan Facebook pribadinya, Senen 12 September 2022.

Dulu, lanjut Puan Maharani, saat Uzbekistan masih jadi bagian dari Uni Soviet, makam ini tersembunyi dan tidak diketahui keberadaannya. Bung Karno saat itu meminta izin untuk berziarah. Akhirnya, pemerintah saat itu mencari dan memugar makam ini.

“Tahun 1998, Presiden Islam Karimov membangun kompleks yang indah di sekitar makam. Hingga kini, area makam ini menjadi destinasi para peziarah dari seluruh dunia,” terang Puan.

Kompleks makam masih dalam proses renovasi, menjadikannya lebih lengkap dan inklusif. Nantinya pengunjung tak hanya dapat berziarah tapi juga dapat beribadah di sini. Bahkan ada sekolah untuk mempelajari hadits Nabi, dimana pemerintah Uzbekistan bekerjasama dengan sejumlah pihak termasuk Universitas Gunadarma.

“Insyaallah setelah pengerjaan rampung, saya dapat berkunjung lagi untuk melihat hasilnya,” tutup Puan.(m4***)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.