Rawan Bencana, Pemda Benteng Akan Pasang Alat Pendeteksi Banjir

Bengkulu Tengah, jurnalisbengkulu.com – Alat Pendeteksi Banjir penemuan  Dinas Kominfo Kabupaten Bengkulu Tengah bersama tim Inovasi akan direalisasikan dalam waktu dekat.

Alat pendeteksi banjir ini sudah di simulasikan dalam kegiatan lounching Sistem Informasi Kabupaten Bengkulu Tengah (SIKABBENTENG) berapa hari lalu dan disaksikan langsung oleh Bupati Bengkulu Tengah.

Secara langsung Ferry Ramli selaku Bupati Bengkulu Tengah merespon dengan adanya temuan alat pendeteksi banjir ini karena Kabupaten Bengkulu Tengah salah satu rawan banjir.

“Dengan alat pendeteksi banjir tersebut informasi banjir cepat diketahui oleh masyarakat desa, karena langsung diketahui Dinas BPBD Bengkulu Tengah tersebut,” ungkap Ferry Ramli.

Sedangkan Kepala BPBD Bengkulu Tengah, Samsul Bahri mengatakan pihaknya sangat tanggap dengan adanya alat pendeteksi banjir ini, karena wilayah Bengkulu Tengah masuk rawan banjir apalagi menjelang bulan Desember ini musim hujan.

“Kami juga akan pelajari sistem penggunaan alat pendeteksi banjir, karena jika dipasang di lokasi alat ini juga akan dirawat dan dipantau terus hingga alat pendeteksi banjir dapat berfungsi terus,” kata Samsul Bahri.

Bukan hanya itu saja, tegas Samsul Bahri, pihaknya juga akan mempersiapkan dulu dana dan Sumber Daya Manusia.

“Sistem kerjanya alat pendeteksi banjir ini yang jelas kita akan kosultasi dulu dengan tim inovasi atau penggagas, karena kita butuh biaya untuk memasang alat itu di lokasi sungai yang pantai untuk diletakan alat pendeteksi tersebut,” Jelasnya.

“Dengan adanya alat pendeteksi banjir memudahkan informasi dan bencana banjir ke perangkat desa dan bisa diketahui langsung masyarakat ketika banjir menghantam desa yang melalui jalur sungai tersebut, jadi intinya pihak sangat mendukung dan merespon alat pendeteksi banjir tinggal lagi kita satukan kesepakatan untuk merealisasikanya bagaimana ke depannya alat tersebut,” tutup Samsul.(Ferizal Adek)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *