Rohidin Mersyah, 5 Tahun Gubernur Bengkulu: Janji Kampanye Stadion Mini Hanya Sebatas Kata-Kata

Bengkulu, jurnalisbengkulu.com – Gubernur Bengkulu Rohidin Mersyah akan segera berakhir dari jabatan yang ia emban saat ini. Ia akan berakhir pada Februari 2024.

Berkaitan dengan hal tersebut, menarik jika membahas salah satu program perioritas sekaligus janji kampanye Gubernur Bengkulu, Prof. Dr. H. Rohidin Mersyah, M.MA. Menargetkan akan membangun satu stadion mini di setiap Kecamatan se-Provinsi Bengkulu. Sementara hingga akan berakhirnya masa jabatannya Februari 2024 mendatang, baru terbangun 10 stadion mini dari 129 Kecamatan se-Provinsi Bengkulu.

Diketahui untuk membangun 1 stadion mini di setiap Kecamatan se-Provinsi Bengkulu, total realisasi anggaran Rp800 juta setiap stadion. Sementara itu dari 10 stadion mini yang sudah terbangun memakan biaya 7 miliar lebih.

Saat dihubungi Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Provinsi Bengkulu, Ika Joni Ikhwan, SE, MM, membenarkan bahwa hingga saat ini baru 10 stadion mini terwujud, dengan 5 unit dibangun pada tahun 2022 dan 5 unit telah terbangun di tahun 2023. Pembangunan ini merupakan bagian dari target besar untuk memiliki 129 stadion hingga akhir masa jabatan Gubernur pada Februari 2024.

“Pembangunan tersebut terkendala Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) yang minim. Selain itu, lahan yang tersedia untuk dihibahkan menjadi stadion yang juga masih banyak belum tersedia. Lahan yang digunakan juga harus lahan yang sudah bersertifikat.

Sementara untuk tahun 2024, Ika menyatakan bahwa pembangunan akan dilanjutkan, tetapi belum ada kepastian jumlah yang akan dibangun. Terdapat kekhawatiran bahwa dana pembangunan dapat terserap oleh Pemilu dan Pilkada dalam rangka Pesta Demokrasi 2024.

“Insya Allah, tahun depan akan dibuat kembali. Kepastian angkanya, belum ada. Yang jelas satu stadion baru dibangun tahun datang di daerah Bengkulu Selatan,” ujarnya.

Dalam mengakhiri pernyataannya, Ika berharap agar masyarakat dapat menjaga dan memanfaatkan stadion dengan baik sebagai sarana olahraga bagi seluruh lapisan masyarakat di Provinsi Bengkulu. (Saprian Utama)

Untuk diketahui tahun 2022 titik stadion mini :

  • Kecamatan Selebar – Bengkulu (Kota)
  • Kecamatan Manna – Bengkulu Selatan (Kab.)
  • Kecamatan Maje – Kaur (Kab.)
  • Kecamatan Lubuk Pinang – Mukomuko (Kab.)
  • Kecamatan Kepahiang – Kepahiang (Kab.)
  • Sementara di tahun 2023 titik stadion mini yang terbangun.
  • Desa Peninjauan II – Seluma (Kab.)
  • Desa Taba Lagan – Bengkulu (Kota)
  • Desa Giri Mulya – Bengkulu Utara (Kab.)
  • Desa Padang Leban – Kaur (Kab.)
  • Desa Simpang Nangka – Rejang Lebong (Kab.)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *