Sudisman Ingatkan Masyarakat Cerdas dan Bijak dalam Memilih Informasi

Kota Bengkulu, jurnalisbengkulu.com – Masyarakat diingatkan untuk berhati-hati terhadap berita yang beredar di media sosial khususnya menjelang pesta demokrasi pemilu dan pilkada 2024. Berita hoax seringkali dibuat oleh pihak yang tidak bertanggung jawab dan memiliki kepentingan tertentu yang mencoba mengadu domba antar calon kandidat.

Berita yang tidak benar ini dapat menjadi sebuah pembunuhan karakter terhadap kejujuran berita yang sesungguhnya.

Seiring dengan semakin mudahnya akses informasi melalui media sosial, ada baiknya masyarakat semakin cerdas dalam menanggapi berita dan dapat membedakan mana berita yang benar dan mana yang tidak. Bukan berarti semua berita di media sosial itu hoax. Namun, masyarakat harus teliti dalam memilah dan memilih informasi yang sebenarnya.

Menurut Anggota DPRD Kota Bengkulu, Sudisman, media sosial seharusnya tidak boleh membuat berita hoax. Sebaliknya, harus menyampaikan informasi yang sesuai dengan fakta dan mendidik masyarakat. Seiring dengan semakin maraknya berita hoax, takutnya membuat masyarakat kehilangan kepercayaan terhadap media sosial. Ini bisa berdampak pada menurunnya minat orang untuk membaca berita dan berkurangnya tingkat kepercayaan pada media sosial.

“Kita harus mengajarkan pada diri kita sendiri untuk lebih bijak dalam menanggapi dan memilih informasi yang sesuai. Kita harus mencari tahu lebih dalam sebelum mempercayai berita yang beredar dan tidak mudah terprovokasi,” ujarnya Rabu (29/11/2023).

Lanjutnya, Pesta demokrasi pemilu dan pilkada 2024 harus diwujudkan dengan jujur dan adil. “Dengan demikian, kita dapat memastikan pesta demokrasi itu berjalan dengan damai dan lancar,” tutupnya.(ADV)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *