Tingkatkan Pendaftaran dan Kelola Kekayaan Intelektual: Kemenkumham Bengkulu Gencar Lakukan Promosi dan Diseminasi di Kabupaten Seluma

Bengkulu, jurnalisbengkulu.com – Dalam upaya mendukung pembangunan dan pertumbuhan ekonomi, Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham) Bengkulu, melalui Divisi Pelayanan Hukum dan Ham, menggelar kegiatan promosi dan diseminasi kekayaan intelektual (KI) di Kabupaten Seluma pada Kamis, 14 Maret 2024.

Acara tersebut dihadiri oleh Asisten Bidang Pemerintahan dan Kesra, Handarsyah, yang mewakili Sekretaris Daerah, serta diresmikan oleh Kepala Divisi Pelayanan Hukum dan Ham, Andriensjah, yang mewakili Kepala Kantor Wilayah Kemenkumham Bengkulu. Turut hadir sebagai narasumber adalah Kepala Bidang Pelayanan Hukum, Suriyanti, dan Asisten Perekonomian dan Pembangunan, Almidian Saleh.

Dalam paparannya, Andriensjah menjelaskan bahwa kegiatan promosi dan diseminasi KI dilaksanakan dengan tema “Tingkatkan Pendaftaran dan Kelola Kekayaan Intelektual untuk Mendukung Pembangunan dan Pertumbuhan Ekonomi.” Kegiatan ini rutin dilaksanakan di daerah-daerah yang memiliki potensi besar di bidang KI namun belum terlindungi secara maksimal.

Tujuan utama kegiatan ini adalah untuk merangsang pendaftaran dan perlindungan KI, meningkatkan pemahaman masyarakat terhadap pemanfaatan KI, serta mendorong pertumbuhan ekonomi daerah dengan memanfaatkan sistem pendaftaran KI internasional. Selain itu, kegiatan ini juga bertujuan untuk memberikan perlindungan hukum melalui pendaftaran KI dan advokasi dalam kasus pelanggaran KI.

Dengan melibatkan aktifitas ekonomi masyarakat, kegiatan ini diharapkan dapat memacu inovasi dan kreativitas, serta mendorong pertumbuhan sektor usaha di Kabupaten Seluma. Langkah ini diharapkan dapat menjadi bagian dari upaya mewujudkan sistem kewirausahaan berbasis KI yang kuat.

Kegiatan ini merupakan langkah maju dalam mendukung pembangunan ekonomi daerah dan meningkatkan kesadaran akan pentingnya perlindungan terhadap kekayaan intelektual. (DIVYANKUM/Ed. MD).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *