5 Prioritas DD Tahun 2024, Pemdes Desa Nusuk Gelar Musrenbang

Kaur, jurnalisbengkulu.com – Pemerintah Desa Nusuk Kecamatan Semidang Gumai Kabupaten Kaur mengadakan Musrenbang di balai Desa Nusuk serta dihadiri oleh Camat, Ketua BPD dan anggotanya, bhabinkhamtibmas, Bhabinsa, Aparatus Desa, Karang Taruna dan Tokoh Masyarakat.

Kepala Desa Nusuk, Mahyen dalam sambutanya mengatakan, Musrenbangdes merupakan from musawarah perencanaan dan pembangunan desa yang bersumber dari Dana Desa tahun 2024 yang telah diusulkan Musrenbangdes di tahun 2023 lalu.

“Sehingga mana mana yang paling prioritas diutamakan,” ujarnya.

Sementara itu, Pendamping Kecamatan Semidang Gumai, Apmil menyampaikan prioritas Dana Desa tahun 2024 oleh Pemerintah Pusat biar tidak menyimpang dari apa yang diusulkan dalam Musrenbangdes ini, diantaranya :

  1. Penanganan kemiskinan ekstrim, seperti kegiatan BLT. Dalam kegiatan BLT tahun ini sifatnya hanya maksimal 25% kriteria penerima masih seperti tahun tahun sebelumnya.
  2. Penanganan stunting atau pencegahan stunting, seperti bantuan tambahan bagi balita posyandu, ibu hamil dll (non fisik). Kegiatan fisik seperti pembangunan sumur bor, drainase, pembangunan pembuangan limbah, MCK dll.
  3. Kegiatan ketahan pangan di dalam kegiatan ketahan pangan di tahun ini Pemerintah Pusat membatasi minimal 20%. Seperti kegiatan fisik, pembangunan jalan menuju sentral usaha tani, pembangunan jalan usaha tani, dll. Non fisik seperti penanaman pembibitan dll sifatnya untuk meningkatkan ketahanan pangan yang ada di masyarakat setempat.
  4. Kegiatan BUMDES dengan adanya Bumdes masyarakat dapat usaha sendiri.
  5. Kegiatan operasional perintahan dari 3% dari pagu dana. Adapun kegiatan ini meliputi koordinasi, biaya komunikasi dan internet. Kegiatan pertemuan di dalam desa. Kegiatan Desa ke Kecamatan. Penanggulangan kerawanan di desa (kematian atau musibah).

Penyelesaian konflik di desa, Penanggulangan bencana dll dengan adanya penyampaian dari pendamping kecamatan di dalam Musrenbang dapt memprioritaskan yang mana utama digunakan dalam dana di desa ini.

Reporter : Wardimansyah

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *