Dinakeswan Bengkulu Tunda Pengadaan Bibit Sapi 2024, Anggaran Fokus Pemeliharaan Ternak

Bengkulu, jurnalisbengkulu.com – Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan (Dinakeswan) Provinsi Bengkulu memutuskan menunda pengadaan bibit sapi pada tahun 2024. Penundaan ini disebabkan keterbatasan anggaran yang akan difokuskan pada perhelatan pesta demokrasi tahun depan. Muhammad Syarkawi, Kepala Dinakeswan Provinsi Bengkulu, menjelaskan bahwa porsi anggaran yang terbatas akan difokuskan pada pemeliharaan hewan ternak yang sudah ada.

“Porsi anggarannya kecil, sehingga kita gunakan untuk pemeliharaan hewan ternak,” ungkap Syarkawi pada Jumat (15/12).

Syarkawi menambahkan bahwa porsi anggaran untuk pembangunan diperkirakan akan lebih kecil, termasuk anggaran untuk pengadaan bibit. Fokus tahun ini adalah menjaga produksi hewan ternak di Provinsi Bengkulu, mengingat anggaran lebih banyak terserap untuk Pilkada.

“Tahun ini, fokus kita adalah bagaimana ternak dapat terus terjaga produksinya,” kata Syarkawi.

Sebelumnya, pada tahun 2022, pengadaan bibit sapi juga tertunda karena adanya Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) yang menyebabkan ribuan ternak terjangkit dan mengakibatkan kematian. Meskipun rencananya Pemprov akan mendatangkan 932 bibit ternak sapi, namun keterbatasan anggaran membuat penundaan menjadi keputusan yang diambil.(Saprian Utama)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *