oleh

Kenduri Pantai Ipuh, Nelayan Butuh Diperhatikan Pemerintah

-NASIONAL-398 Dilihat

MUKOMUKO, jurnalisbengkulu.com – Momen tahunan kenduri pantai kembali digelar oleh nelayan desa Pasar Ipuh, desa Tanjung Harapan dan Medan Jaya di kecamatan Ipuh Kabupaten Mukomuko senin (3/10). Kegiatan ini sebagai bentuk rasa syukur atas hasil laut yang telah di dapatkan nelayan Ipuh selama melaut. Selain itu kegiatan ini juga berniat agar hasil laut yang di dapat periode berikut nya bisa bertambah dan seluruh nelayan tetap dilindungi saat aktivitas di laut.

Meskipun kegiatan ini rutin dilaksanakan, akan tetapi masyarakat masih terus mengeluh akan hasil tangkap yang didapat. Hal ini disampaiakan Kepala Desa Pasar Ipuh, Anang. Dirinya menyampaikan keluhan, karena nelayan kecamatan Ipuh masih kekurangan alat tangkap.

“Sebenarnya hasil laut kami ini berlimpah, akan tetapi nelayan kecamatan Ipuh alat tangkapnya belum maksimal. Kekurangan inilah yang menjadi keluhan nelayan kami selama ini,” ujar Anang.

Hal ini dibenarkan oleh salah satu tokoh pemuda kecamatan Ipuh Riko Putra, S. Ip., SH, MH. Menurutnya nelayan tiga desa di kecamatan Ipuh ini jarang sekali tersentuh bantuan dari pemerintah, baik Pemerintah Kabupaten, Provinsi maupun pemerintah Pusat.

“Kehidupan nelayan ini bergantung dengan hasil laut, jika alat tangkapnya tidak memadai maka hasil tangkap tidak maksimal. Ini perlu perhatian bersama, terutama perhatian para pemangku jabatan” imbuh Riko.

Disisi lain Riko berharap pemerintah lebih tegas dan mempedulikan kesejahteraan nelayan, terkhusus nelayan kecamatan Ipuh. Karena sangat disayangkan hasil laut berlimpah akan tetapi nelayan nya tidak sejahtera.(iie)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.