oleh

Menguasai Digital Skill Menjanjikan Prospek Kerja Idaman Para Millenial

Jurnalisbengkulu.com- Semakin berkembang zaman saat ini, ada banyak pekerjaan yang sudah tergantikan oleh tenaga mesin atau robot.

Namun ada pula pekerjaan baru yang juga sangat menggiurkan, khususnya kaum millenial. Di era digital ini, meningkatnya tren media sosial menjadi hal yang tak terbantahkan.

Media sosial menjadi sumber informasi yang banyak dikonsumsi oleh masyarakat. Tak hanya digunakan untuk bersenang-senang, media sosial bahkan digunakan sebagai ladang tempat mencari rezeki, karena bisa bekerja melalui media sosial. Pekerjaan itu disebut content creator.

Sebagai content creator tentunya wajib membuat konten untuk diunggah di platform digital seperti Youtube, Instagram, Tiktok dan aplikasi lainnya.

Konten tersebut pun beragam bentuknya, mulai dari tulisan, musik/suara, gambar, foto maupun video. Lantas darimana menjadi peluang untuk berkarir? Sumber penghasilan content creator ada banyak sekali. Salah satu format yang saat ini menjadi favorit para pemilik merek sendiri adalah endrosement via content creator.

Hal ini dinilai lebih efektif sebab dapat menjangkau lebih banyak orang dengan kesamaan minat dengan target audiens yang sesuai dengan yang mereka kehendaki. Ada banyak brand yang tertarik untuk menggunakan jasa content creator untuk melakukan promosi.

Perannya sendiri dalam hal menciptakan konten menarik tentang produk yang akan diiklankan. Namun tak hanya itu konten yang mereka buat juga harus kreatif dan bermanfaat bagi para pengikutnya.

Tak hanya sebatas endorsement, ada pula yang namanya kolaborasi antar content creator, dan akan meningkatkan engagement atau nilai jual content creator itu sendiri, atau menjadi brand ambassador suatu produk,untuk yang membuat konten pada platform Youtube akan mendapatkan Adsense,yang artinya kalian mendapat uang dari konten tersebut. dan masih banyak lagi peluang lainnya.

Dengan menjadi content creator, kamu bisa menjadikan passion atau hobi yang benar-benar kamu sukai sebagai full-time job!Bagi yang suka travelling, kamu bisa jadi travel blogger atau vlogger yang me-review tempat-tempat wisata dan budaya yang menarik.

Hobi koleksi make up dan skincare? Kamu berpotensi jadi beauty influencer yang merekomendasikan produk-produk pilihanmu. Eksperimen resep masakan baru? Sepedaan sambil nge-vlog? Temukan satu passion-mu, dan mulai dari situ.

Apapun kontenmu, bila dibuat dengan baik serta dinilai bermanfaat, pasti ada audience-nya dan berpotensi untuk berkembang.

Terapkan sesuai passion yang kalian minati,maka pekerjaan tersebut menjadi menyenangkan.

Menurut Badan Pusat Statistik (BPS), sensus penduduk 2020 mencatat bahwa populasi penduduk di Indonesia didominasi oleh Gen Z dan milenial.

Generasi Z adalah mereka yang lahir antara tahun 1997 – 2012, yang kini telah berusia 8 – 23 tahun.

Generasi ini kini berjumlah 75,49 juta jiwa atau 27,94 % dari jumlah keseluruhan penduduk Indonesia.

Meski Gen Z berusia termuda sekarang mungkin masih duduk di Sekolah Dasar, namun dalam 7 tahun ke depan mereka juga akan memasuki usia angkatan kerja. Sedangkan generasi milenial lahir antara tahun 1981 hingga tahun 1996, yang tercatat berjumlah 69,90 juta jiwa atau 25,87 persen dari total penduduk Indonesia.

Seorang content creator kini tidak harus public figure atau selebritis yang sudah terkenal.

Namun mereka yang menjadi terkenal karena keterampilan dan kreativitasnya dalam menciptakan sebuah konten. Fungsi media sosial yang semakin berkembang membuka kesempatan luas untuk berkarya.

Dengan membuat konten berkualitas, siapa pun bisa sukses membangun karir menjadi content creator!

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.