Pemdes Desa Gunung Ayu, Menganggarkan Tempat Sampah di Setiap Pemilik Rumah

Bengkulu Selatan, jurnalisbengkulu.com- Sesuai usulan warga tahun sebelumnya, Pemerintah Desa Gunung Ayu, Kecamatan Seginim, Kabupaten Bengkulu Selatan, Provinsi Bengkulu, akan segera membagikan tempat sampah kepada setiap pemilik rumah di desa tersebut.


“Karena sulitnya mendapatkan drum bekas (bahan baku pembuatan tempat sampah-red) berharga terjangkau di daerah ini, kami beli di Jakarta dan diangkut bertahap, sekarang proses pembuatannya hampir selesai,” kata kepala desa setempat, Wardin, Kamis (9/4/2020) pagi.


Pengadaan tempat sampah ini dibiayai dana desa tahap pertama, kalau tidak ada halangan, lanjut dia, tempat-tempat sampah ini siap diserahkan kepada warga awal Mei mendatang.


Wardin mengaku, pihaknya tetap melaksanakan pengadaan tempat sampah ini saat anggaran desa bakal tergerus upaya penanganan pandemi Coronavirus Disease 2019 (Covid-19).


“Penanganan sampah juga berhubungan erat dengan kebersihan lingkungan dan tempat tinggal, sehingga pengadaan ini tetap punya keterkaitan dengan upaya mencegah penularan virus corona dan penyakit-penyakit menular lainnya yang disebabkan tidak terpeliharanya sanitasi dan kebersihan lingkungan,” paparnya.

Kepala Desa Gunung Ayu, Warung mengimbau masyarakat untuk menjaga pasilitas desa agar bisa dipakai lebih awal.

“Agar tempat sampah ini bisa bertahan lama, wardin meminta masyarakat tidak membakar sampah di dalamnya nanti sampah-sampah itu akan diangkut petugas ke tempat pembuangan jadi jangan bakar sampah di situ, bisa-bisa 3 bulan sudah hancur,” imbaunya. (sugianto)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here