Perluas Jaringan dan Pembelajaran, Usin Sembiring Kunjungi Bank Sampah Kartini Palembang

Palembang, jurnalisbengkulu.com – Usin Abdisyah Putra Sembiring SH selaku inisiator Bank Sampah di Kota Bengkulu dan juga anggota DPRD Provinsi Bengkulu, melakukan kunjungan ke Bank Sampah TPS3R Kartini yang telah beroperasi selama 11 tahun di Kota Palembang.

Kedatangan Usin Abdisyah Putra Sembiring SH diterima oleh Eka, ketua Bank Sampah Kartini, ibu lurah, seklur, ibu kasi yanmum Kecamatan Ilir Barat 1, staff, dan pengurus Bank Sampah Kartini.

Dikatakan Usin Abdisyah Putra Sembiring SH, tujuan kunjungan ini adalah untuk melakukan studi tiru dalam mengadopsi tips dan trik dari ibu Eka dan pengurusnya agar dapat meningkatkan pengembangan Bank Sampah dan menjalankan sistem digitalisasi dalam pengelolaan bank sampah unit dan para nasabahnya.

Selanjutnya, terang Usin, Bank Sampah Kartini telah berhasil mengelola limbah organik dan anorganik para nasabahnya secara baik, mulai dari pengelolaan plastik hingga biji plastik dan pengepresan hingga Kompos. Dukungan pemerintah daerah dalam sosialisasi maupun pelibatan Pemkot Palembang menempatkan LPM/KSM sebagai mitra bank sampah yang dilaksanakan secara terintegrasi dalam misi pengurangan limbah sampah ke Tempat Pembuangan Sampah (TPA) di Kota Palembang.

“Ibu Eka juga menjelaskan bahwa dengan keberadaan bank sampah, selain mengatasi masalah sampah juga meningkatkan pendapatan nasabahnya. Nasabah dari bank sampah berasal dari warga, anak-anak sekolah, hingga sampah toko atau perusahaan,” ujar Usin Abdisyah Putra Sembiring SH, Rabu (10/7/2024).

Usin Abdisyah Putra Sembiring SH memberikan gambaran tentang program yang dia buat bersama DLHK Provinsi Bengkulu selama 3 tahun berturut-turut dalam penyadaran kader lingkungan dan pembentukan bank sampah di Kota Bengkulu.

Ke depan, Usin Abdisyah Putra Sembiring SH berencana akan mengundang ibu Eka sebagai narasumber dalam pelatihan Bank Sampah di Kota Bengkulu beberapa bulan lagi.(m4)