Program Ketahanan Pangan: Desa Mujorejo Luncurkan Program Pengelolaan Sapi

Rejang Lebong, jurnalisbengkulu.com – Desa Mujorejo, yang terletak di kecamatan Selupu Rejang, kabupaten Rejang Lebong, memulai sebuah program penting dalam pengelolaan peternakan hewani melalui program ketahanan pangan tahun 2024.

Langkah besar ini didukung dengan alokasi anggaran dari Dana Desa dan bertujuan untuk memperkuat ketersediaan dan aksesibilitas produk hewani bagi masyarakat setempat.

Melalui program ini juga pemerintah desa telah mengalokasikan dana desa untuk mengelola 10 ekor sapi, yang terdiri dari 3 buah kandang yaitu 2 ekor sapi untuk kandang kecil dan 4 ekor sapi untuk dua kandang besar.

Tujuan dari langkah ini adalah untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat Desa Mujorejo, memperkuat keamanan pangan dan memberikan kontribusi positif terhadap ekonomi peternak lokal.

Dalam bantuan ini, para anggota pengurus peternak telah dipilih untuk menerima sapi, selain mendapatkan sapi tersebut, mereka juga akan menerima bimbingan teknis dan pengawasan dari ahli peternakan yang terlatih. Hal ini diharapkan untuk memastikan bahwa para peternak dapat merawat dan mengelola hewan-hewan tersebut dengan baik, sehingga meningkatkan hasil produksi secara signifikan.

Tugimin.S, selaku Kepala Desa Mujorejo berharap program ketahanan pangan anggaran 2024 ini dapat memberikan dampak positif dalam jangka panjang. Terlebih lagi, program ini sangat didukung oleh Linda selaku camat setempat.

“Saya berharap agar program ini sukses dan memberikan dampak positif, bahwa ternak sapi yang diberikan dapat berkembang dengan baik dan memberikan manfaat ekonomi bagi kelompok ternak dan masyarakat Desa Mujorejo secara keseluruhan,” harap Kepala Desa saat diwawancarai, Jumat (14/6/2024).

Reporter : Salman/ADV