Bimtek Bersama BPS, Dinas Kominfo Kota Bengkulu Siap Sajikan Data yang Up to Date

Bengkulu, jurnalisbengkulu.com – Badan Pusat Statistik (BPS) Kota Bengkulu kembali menggelar acara bimbingan teknis (bimtek), kali ini bimtek diikuti 6 OPD yakni Dinas Kominfo, BPBD, DPMPTSP, DLH, Bappeda dan Dinkes. Bimtek digelar di ruangan monitoring center diskominfo, Kamis (12/10/23).

Bimtek ini dibuka oleh Kadis Kominfo Gita Gama dan dihadiri langsung oleh Kepala BPS Kota Bengkulu Marwansyah, Statistisi ahli madya Sriwiyana Teguh Ananto beserta Tim SDI (Satu Data Indoensia), sekretaris dinas kominfo dan para kepala bidang di dinas kominfo.

Dalam sambutannya, Gita mengatakan kominfo selaku perpanjangan tangan pemda kota yang memang salah satu tupoksinya menyebar luaskan informasi terkait pembangunan tidak bisa lepas dari data. Sebagai wali data, kominfo siap menginput dan menyajikan data yang akurat dan up to date.

“Dalam konteks ini kita tidak bisa lepas dari data. Kebetulan Kota Bengkulu sedang menjalani proses transisi kepemimpinan politik dimana saat ini kepala daerahnya dijabat oleh penjabat walikota Arif Gunadi. Kaitannya, program yang mesti dijalankan berhubungan erat dengan BPS. Contoh, terkait data inflasi, data stunting, IPM dan lainnya,” ujar Gita.

Terkait data itu, kata Gita tidak bisa ujuk-ujuk muncul angka yang akurat apabila tidak diinput dengan benar dan serius. Maka ia berharap dalam melakukan menginput data harus dengan serius. “Harapan kami ini betul-betul digarap atau dikerjakan dengan serius,” terang Gita.

Lebih lanjut, Gita menyampaikan sehubungan dengan penyediaan data dan informasi yang akurat di Pemda Kota Bengkulu melalui dinas kominfo, pihaknya sebagai Walidata akan mengumpulkan data dari produsen data, mengolah, dan memverifikasi bersama BPS Kota Bengkulu.

“Semoga dengan adanya bimbingan teknis ini, juga bisa memperbaiki kinerja pengelolaan data statistik sektoral di masing-masing OPD, sehingga mampu memberikan data yang Up to date dan bisa dipertanggungjawabkan” tutupnya.

Dalam kesempatan tersebut Marwansyah selaku Kepala BPS Kota Bengkulu menyampaikan bahwa terlaksananya kegiatan bimtek merupakan bentuk keseriusan BPS bersama seluruh OPD di Kota Bengkulu dalam melahirkan statistik yang berkualitas untuk terwujudnya Satu data yang akurat, terpadu, mutakhir dan dapat dipertanggungjawabkan.

“Mudah-mudahan melalui kegiatan hari ini kolaborasi kita semakin hari semakin baik,” ujarnya.

Untuk diketahui, kegiatan bimtek Penginputan Metadata dan Rekomendasi Statistik ki ini dalam rangka pelaksanaan amanat Peraturan Presiden Nomor 39 tahun 2019 tentang Satu Data Indonesia yang tujuaannya untuk memperoleh data yang akurat, mutakhir, terpadu, dapat dipertanggungjawabkan, mudah diakses, dan dibagipakaikan, serta dikelola secara seksama, terintegrasi, dan berkelanjutan.(m4)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

1 komentar