Kabut Asap Kiriman, Pemkot Imbau Masyarakat Gunakan Masker

Bengkulu, jurnalisbengkulu.com – Kabut asap kiriman yang timbul dari kebakaran hutan dan lahan (karhutla) masih menyelimuti Kota Bengkulu.

Menyikapi hal ini, Dinas Kesehatan Kota Bengkulu mengimbau agar masyarakat menggunakan masker mengingat kabut asap telah bercampur dengan awan.

Ini dilakukan agar masyarakat tidak terinfeksi infeksi saluran pernapasan atas (ISPA) akibat dampak adanya kabut asap di Kota Bengkulu.

“Kita mengimbau masyarakat menjaga kesehatan fisik dan menghindari asap serta menggunakan masker saat berada di luar rumah,” ucap Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinkes Kota Bengkulu Joni Haryadi, Kamis (19/10).

Melihat kondisi ini, Joni juga mengimbau masyarakat untuk banyak-banyak mengkonsumsi air putih, makan-makanan yang sehat dan bergizi.

Sementara itu, Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Stasiun Klimatologi Pulau Baai mengatakan kabut awan yang terjadi di Bengkulu telah bercampur dengan asap kiriman akibat dampak terjadinya kebakaran lahan dan hutan.

Saat ini, kabut awan di Bengkulu tipis namun bercampur asap karena telah masuk ke lapisan awan menengah dengan di tandai matahari yang berwarna sedikit kemerahan. (MCKB)

Sebagai informasi, ISPA yang disebabkan oleh virus biasanya akan sembuh dalam waktu 1-2 minggu, sehingga tidak diperlukan pengobatan yang intensif, kecuali dokter menemukan indikasi penyakit berbahaya.

Berikut beberapa penanganan yang biasa dilakukan pada pasien pengidap ISPA adalah:

1. Mengonsumsi obat pereda demam dan nyeri pada tubuh
2. Mengonsumsi obat batuk
3. Mengonsumsi obat untuk peradangan atau pembengkakan saluran pernapasan
4. Istirahat dengan cukup serta memperbanyak minum air putih
5. Minum lemon hangat atau madu untuk meredakan batuk
6. Tidur dengan posisi kepala lebih tinggi untuk melancarkan pernapasan.

Selain itu, keberadaan virus atau bakteri memang tidak bisa kita tebak. Meski begitu, ada beberapa cara yang dapat Anda terapkan agar terhindar dari ISPA, berikut di antaranya:

1. Seringlah mencuci tangan dengan bersih, terlebih setelah beraktivitas di tempat umum
2. Menghindari kebiasaan merokok
3. Meminimalisir sentuhan tangan pada wajah, terutama bagian mulut dan hidung
4. Banyak mengonsumsi makanan yang mengandung serat
5. Mengonsumsi vitamin untuk menambah kekebalan tubuh
6. Olahraga secara teratur, minimal 150 menit per minggu (untuk olahraga ringan). (M4)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *