Kemenristekdikti RI : Ciptakan Kawasan Pondok Pusaka Techno Park Berbasis Teknologi dan Mandiri

Kaur, Jurnalisbengkulu.com– Upaya meningkatkan kesejahteraan ekonomi masyarakat dengan cara memfasilitasi serta memberikan bimbingan terhadap para pelaku usaha Industri Kecil Menengah, untuk memanfaatkan potensi unggulan lokal secara mandiri dengan inovasi implementasi teknologi terus dilakukan oleh Pemerintah Daerah, Rabu (11/09/19) Bappeda Litbang Kabupaten kaur gelar Focus Group Discussion bertempat di Gedung BDC pondok puska.

Kegiatan dengan mengusung tema, penguatan kelembagaan dan tata kelola science technologi park (STP) dan implementasi inovasi teknologi tahun 2019 tersebut menghadirkan nara sumber Ketua Bidang Pendamping dari Kemenristekdikti RI

Kawasan pondok puska merupakan kawasan techno park yang diharapkan kedepanya bisa ditingkatkan mejadi sebuah organisasi yang dikelola scara mandiri tanpa ketergantungan dengan pemerintah dengan melibatkan para akademisi sebagai sumber pengetahuan teknologi, apabila Usaha Industri Kecil Menengah sudah menjadi pelaku utama yang produktif, tentunya akan mendorong lajunya perekonomian daerah dan membawa kesejahteraan bagi masyarakat.

Sementara Pemerintah Daerah dalam hal ini tetap mempunyai peran dengan memfasilitasi pelaku Usha IKM dalam menjalankan bisnisnya, salah satunya dengan cara meringankan beban pajak bagi pelaku U IKM permula.

“Pengembangan Science teknologi park dikawasan pondok pusaka yang melibatkan para akademisi dengan memanfaatkan potensi sumber daya lokal akan mendorong kesejahteraan serta pertumbuhan ekonomi masyarakat, seperti dalam pengelolaan pangan berbasis gurita yang telah menjadi potensi unggulan di Kabupaten Kaur,” Jelas Nugroha.

Sementara itu Sekretaris Daerah Nandar Munadi M,Si dalam kesempatan itu memberikan arahan, bahwa dalam rangka pelaksanaan fasilitas penguatan kelembagaan dan tata kelola pondok pusaka techno park Kabupaten Kaur dan implementasi inovasi teknologi diperlukan persamaan pandangan.

Potensi unggulan lokal berbasis agro akan dikembangkan untuk memberikan nilai tambah dan daya saing produk dari para wirausaha sehingga menciftakan perusahaan permula berbasiskan teknologi pada inovasi dan IPTEK.

Disamping itu, lanjut Nandar Munadi, pengukuran muturitas produk pondok pusaka techno park Kabupaten Kaur diharapkan memberikan gambaran kondisi saat ini dengan target pembangunan dan pengembangan kawasan sains dan teknologi, ungkapnya.(SUMANTRI)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here