Mengenal Program ‘Dapur Masuk Sekolah’ Kodam II/Sriwijaya, Beri Makanan Bergizi Untuk Siswa SD

Bengkulu, jurnalisbengkulu.com – Sejak menjabat sebagai Panglima Kodam II/Sriwijaya, Mayjen TNI Yanuar Adil mencanangkan program unggulannya yaitu “Dapur Masuk Sekolah”. Program ini merupakan upaya mendukung pemerintah menurunkan angka stunting bagi anak-anak, melalui pemberian makanan dan bantuan nutrisi kepada anak-anak sekolah dasar.

Hal ini juga menjadi komitmen Kodam II/Sriwijaya dalam membantu meningkatkan gizi dan kesehatan pada anak-anak serta mencegah stunting khususnya pada anak Sekolah Dasar, dan menjadikan mereka sebagai generasi penerus bangsa sekaligus sebagai aset nasional di masa depan yang sehat dan cerdas serta terpenuhi gizinya.

Kegiatan “Dapur Masuk Sekolah” ini dilaksanakan dengan cara mendatangi secara langsung ke sekolah-sekolah.

“Hal ini merupakan salah satu cara untuk mendekatkan jangkauan sasaran dalam pemberian makanan dan nutrisi kepada anak-anak Sekolah Dasar,” ujar Pangdam.

Program “Dapur Masuk Sekolah” diselenggarakan bertujuan untuk, membantu menurunkan angka stunting bagi anak-anak, membantu anak-anak sekolah yang memiliki tingkat ekonomi kurang mampu di lingkungan tempat tinggalnya, dan menumbuhkan rasa cinta tanah air, wawasan kebangsaan dan bela negara bagi anak sekolah dasar.

“Saya berharap, melalui pemberian makanan utama dan tambahan berupa susu dan bubur kacang hijau kepada anak sekolah dasar ini, dapat meningkatkan asupan gizi anak, agar mencapai status gizi yang sesuai dengan usia anak-anak tersebut, dalam rangka menunjang kebutuhan gizi selama di sekolah maupun nanti saat mereka remaja,” jelas Mayjen TNI Yanuar Adil.

Pangdam juga menegaskan, sebagai bagian dari masyarakat, Kodam II/Sriwijaya siap bekerjasama dengan segenap komponen masyarakat dan mendukung setiap program yang bertujuan untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

Kodam II/Sriwijaya konsisten dan bertekad untuk terus membenahi diri dan meningkatkan kualitas pengabdian kepada masyarakat, bangsa dan negara. Hal ini juga menjadi implementasi dari salah satu 7 Perintah Harian Kasad yaitu, “TNI AD Harus Hadir Di Tengah Kesulitan Rakyat, Serta Mampu Memberikan Solusi Terbaik”.

“Kami menyadari, apa yang kami lakukan ini belum bisa sepenuhnya menjangkau harapan kita semua. Namun, paling tidak melalui kegiatan semacam ini akan dapat menginspirasi dan memotivasi segenap komponen masyarakat untuk turut peduli dan siap ambil bagian dalam membantu mengatasi terjadinya gizi buruk di lingkungan anak-anak,” tuturnya.

“Dan semoga apa yang kita lakukan ini berbuah kebaikan, mendapatkan berkah dari Allah SWT, Tuhan Yang Maha Kuasa serta benar-benar dapat dirasakan manfaatnya oleh masyarakat,” pungkas Jenderal Bintang Dua ini.

Untuk di Kota Bengkulu, Penjabat Walikota Bengkulu Arif Gunadi, mengucapkan terimakasih kepada Kodim 0407/Kota Bengkulu telah memfasilitasi kegiatan dapur masuk sekolah, yang mana merupakan program unggulan Kodam II/Sriwijaya.

Kemudian, atas nama Pemerintah Kota (Pemkot) Bengkulu, Arif Gunadi mengatakan siap mendukung berbagai kegiatan positif seperti dapur masuk sekolah, apalagi ini sebagai salah satu upaya menekan angka stunting sesuai instruksi Presiden RI Joko Widodo. (**)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

1 komentar