Pemkot Antisipasi Inflasi Jelang Nataru

Bengkulu, jurnalisbengkulu.com – Pemerintah Kota (Pemkot) Bengkulu berkomitmen untuk melakukan pengendalian inflasi, terlebih jelang Natal 2023 dan Tahun Baru 2024 (Nataru). Pemkot melakukan sejumlah antisipasi agar inflasi bisa tetap terkendali.

Salah satunya ialah menggelar operasi pasar murah disetiap Kelurahan. Pasar murah ini merupakan salah satu langkah pemerintah dalam menjaga daya beli masyarakat. Manfaat yang dirasa oleh masyarakat ialah komoditas kebutuhan pokok bisa langsung dimanfaatkan oleh masyarakat itu sendiri.

Harapannya pasar murah yang digelar dapat membantu meringankan beban masyarakat dalam mendapat bahan pangan dan kebutuhan pokok dengan harga terjangkau.

“Selain itu, kita juga terus memantau pergerakan harga dan ketersediaan stok agar tak terjadi inflasi jelang akhir tahun,” ujar Kabag Ekonomi Setda Kota Dadi Hartono, Rabu (13/12).

Bekerja sama dengan Bulog dan beberapa pihak lainnya, Pemkot menyiapkan beberapa komoditas di pasar murah untuk masyarakat.

“Kita menyiapkan beras, yang memang saat ini harganya cukup tinggi. Kemudian ada telur, ada bawang, ada minyak goreng, ada juga gula pasir. Selain itu, kita juga sediakan daging beku, ayam potong serta lainnya. Tapi kami berpesan kepada masyarakat untuk berbelanja sesuai kebutuhan,” jelasnya.

Terakhir, Dadi berharap setelah digelarnya pasar murah diberbagai kelurahan, inflasi di Kota Bengkulu bisa dikendalikan.

Untuk informasi pasar murah, masyarakat bisa mendapatkannya di kelurahan masing-masing ataupun dibagian Ekonomi, Setda kota.

Bazar Murah di Pasar Minggu, Pasar Panorama dan Pasar Barukoto

Terkait rencana akan dibukanya bazar sembako murah di pasar kerjasama antara Pemkot Bengkulu, Bulog dan BI. Kepala Dinas Perdagangan dan Perindustrian (Perdagrin) Bujang HR mengatakan pihaknya sudah menyiapkan tempat untuk diisi oleh bulog, yakni 3 titik masing-masing di pasar panorama, pasar minggu dan pasar barukoto.

Saat ini, kata Bujang tinggal menunggu dari pihak Bulog untuk mulai mengisi 3 titik lokasi tersebut. Rencananya di bazar murah itu akan dijual sembako seperti beras, minyak goreng dan lainnya dengan harga murah untuk masyarakat.

Untuk Disperdagrin sendiri memang untuk tahun 2023 ini tidak punya anggaran untuk menggelar bazar murah seperti tahun-tahun sebelumnya. Namun masyarakat tetap bisa membeli sembako dengan harga murah dari pihak Bulog yang sudah mulai melakukan bazar keliling ke setiap kelurahan.

Terlepas dari bazar murah, terkait dengan masih tingginya angka inflasi yang menyebabkan turunnya daya beli masyarakat dan melambungnya harga sembako, Bujang mengatakan pihaknya sudah memantau secara rutin harga-harga sembako di pasar.

Pj Walikota Ajak Masyarakat Manfaatkan Lahan Tidur

Pj Walikota mengeluarkan Surat Edaran (SE) Nomor : 500.1/42/DKPP-03 tentang Pemanfaatan Pekarangan dan Lahan Tidak Produktif. Adapun SE terkait pemanfaatan lahan tidur merupakan tindaklanjut arahan Presiden RI Jokowi. Hal ini sebagai bentuk penguatan ketahanan pangan diberbagai wilayah di atas polemik dunia saat ini.

Selain itu, memanfaatkan lahan tidur dapat membantu mengurangi laju inflasi karena dapat meningkatkan produksi barang dan jasa. Salah satu cara memanfaatkan lahan tidur ialah dengan meningkatkan produksi pertanian.

Terkait ajakan pemanfaatan lahan, Arif juga mengatakan, Pemkot Bengkulu akan turut andil membantu warga dalam pemanfaatan lahan tidur.(m4)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *