Pj Walikota Bengkulu Hadiri Puncak Perayaan HARGANAS ke 31 di Semarang

Jawa Tengah, jurnalisbengkulu.com – Penjabat (Pj) Walikota Bengkulu Arif Gunadi bersama sang istri (Pj Ketua TP PKK Kota Bengkulu), Pj Sekda Eko Agusrianto dan para Kepala OPD, jajaran Pemkot Bengkulu lainnya menghadiri Puncak Perayaan Hari Keluarga Nasional (HARGANAS) ke-31 di Lapangan Pancasila Simpang Lima, Semarang, Jawa Tengah, Sabtu (29/6).

Acara ini dihadiri juga oleh seluruh Pj Gubernur/Gubernur, Pj Walikota/Walikota, Pj Bupati/Bupati , serta jajaran pemerintah daerah se- Indonesia. Kehadiran mereka menjadi bagian dari upaya memperkuat komitmen pemerintah daerah dalam meningkatkan kesejahteraan keluarga. Puncak perayaan ini dihadiri oleh ribuan peserta dari berbagai daerah. Semua peserta tampak antusias mengikuti rangkaian acara yang telah disiapkan.

Acara ini digelar oleh Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) yang bertujuan untuk memperingati pentingnya peran keluarga dalam pembangunan bangsa.

Pada tahun 2024, peringatan Hari Keluarga Nasional ke-31 mengusung tema “Keluarga Berkualitas Menuju Indonesia Emas”. Tema ini mencerminkan visi dan misi BKKBN dalam mewujudkan keluarga Indonesia yang berkualitas dan sejahtera. Berbagai kegiatan telah dirancang untuk menyemarakkan peringatan ini. Salah satu fokus utama adalah edukasi tentang pentingnya peran keluarga dalam mencegah stunting pada anak-anak.

Salah satu kegiatan unggulan dalam perayaan HARGANAS tahun ini adalah Gerak dan Langkah Keluarga Indonesia Mencegah Stunting. Program ini bertujuan untuk meningkatkan kesadaran masyarakat mengenai pentingnya gizi seimbang dan kesehatan keluarga.

Selain itu, acara ini juga dimeriahkan dengan pemberian Tanda Kehormatan Satyalancana Wira Karya (SWK) Tahun 2024 kepada individu dan organisasi yang berkontribusi dalam pembangunan keluarga. Pelayanan keluarga berencana (KB) juga disediakan untuk masyarakat yang hadir. Semua ini diharapkan dapat mendukung pencapaian tujuan pembangunan keluarga berencana yang lebih baik.

Dikesempatan ini, Pj Walikota menekankan pentingnya peran keluarga dalam membangun bangsa yang kuat dan sejahtera. Beliau menyampaikan bahwa Hari Keluarga Nasional adalah momentum untuk mengingatkan kembali pentingnya nilai-nilai kekeluargaan. (**)