oleh

Tumbuhkan UMKM Baru, Bupati Kepahiang Buka Pelatihan “Batik Ecoprint”

Kepahiang, jurnalisbengkulu.com – Bupati Kepahiang Dr. Ir. Hidayattullah Sjahid,MM., IPU membuka kegiatan pelatihan Milenial Bootcamp Batik Ecoprint yang diselenggarakan oleh Dinas Perindustrian dan Tenaga Kerja bekerjasama dengan Balai Besar Vokasi dan Produktivitas Kementerian Tenaga Kerja Republik Indonesia, Rabu (24/08/2022).

Dalam sambutannya, Bupati menyampaikan bahwa Batik Ecoprint merupakan cara pembuatan batik pada kain dengan teknik mencetak motif dari bahan-bahan alami seperti daun jati, daun teh, daun kopi dan daun-daun yang ada di sekitar kita.

“Dengan demikian Batik Ecoprint akan memiliki motif yang berbeda di setiap pembuatannya. Ini akan menjadi nilai lebih dari Batik Ecoprint,” ujar Bupati.

Ditambahkan Bupati, Kabupaten Kepahiang memiliki ragam jenis tumbuhan yang mungkin tidak ada dan tidak sama dengan daerah lain.

“Saya berharap dengan keanekaragaman tumbuhan dapat menjadikan Batik Ecoprint memiliki ciri khas Kepahiang. Sehingga dapat meningkatkan pendapatan bagi UMKM yang menggeluti bidang ini,” tambah Bupati.

Bupati berharap pelatihan ini dapat menumbuhkan UMKM baru yang dapat membuka lapangan pekerjaan baru.

“Pemerintah juga akan mendorong perbankan untuk memberikan kredit usaha bagi UMKM baru yang terkendala modal. Diharapkan dengan tumbuhnya UMKM baru dapat membuka lapangan kerja yang bermuara ke kesejahteraan masyarakat,” tutup Bupati.

Bahan Batik Ecoprint juga bisa dijadikan pakaian, jacket, topi, ikat kepala hingga hijab.

Hadir dalam pembukaan acara tersebut Kepala Balai Besar Vokasi dan produktivitas Herman Bija, Kepala Dinas/Instansi, Kepala BLK Kepahiang, para Asisten, Ketua TP-PKK Kabupaten Kepahiang, serta Ketua KNPI.(Anca/ADV)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *