Waka II DPRD Provinsi Bengkulu, Suharto, Mengapresiasi Pembukaan Musyawarah Perencanaan Pembangunan

Bengkulu, jurnalisbengkulu.com– Gubernur Rohidin Mersyah secara resmi membuka Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) untuk penyusunan Rencana Pembangunan Jangka Panjang Daerah (RPJPD) 2025-2045 di Hotel Grage Bengkulu pada hari Senin (22/4/2024). Dalam sambutannya, Gubernur Rohidin menyatakan bahwa penyusunan RPJPD tersebut sejalan dengan Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) Nasional, dengan fokus utama pada pembangunan infrastruktur, pengelolaan sumber daya alam, dan penguatan kelembagaan dinas tata kelola pemerintah.

Menanggapi acara ini, Wakil Ketua II DPRD Provinsi Bengkulu, Suharto, mengungkapkan apresiasi yang mendalam. “Saya sangat mengapresiasi dilaksanakannya dan pembukaan Musrenbang ini. Ini menunjukkan komitmen yang kuat dari pemerintah daerah dalam menghadirkan pembangunan yang berkelanjutan untuk masyarakat Bengkulu,” ujar Suharto.

Dalam pidato pembukaan, Gubernur Rohidin menegaskan pentingnya mempertimbangkan aset fungsional dalam perencanaan pembangunan daerah, serta menekankan perlunya sinkronisasi kebijakan anggaran nasional dengan alokasi Provinsi Bengkulu yang dinamis. “Garis besar ini mencakup 20 tahun perjalanan mendatang. Semua ini akan dirangkum dalam dokumen perencanaan pembangunan daerah,” ujarnya.

Lebih lanjut, Gubernur Rohidin menyebut bahwa dalam penyusunan RPJPD 2025-2045 juga akan dibahas Program Strategis Nasional di Bengkulu untuk masa mendatang, yang menuntut koordinasi yang baik antara anggaran nasional dan provinsi. Acara tersebut juga menjadi momentum untuk mengajak seluruh pihak berkontribusi dalam penyusunan RPJPD tersebut, dengan harapan terciptanya pembangunan yang diinginkan untuk Provinsi Bengkulu dalam 20 tahun mendatang.

Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (BAPPEDA) Bengkulu, Yuliswani, menegaskan bahwa Pemerintah Provinsi Bengkulu telah menggelar forum konsultasi publik pada akhir Desember 2023 lalu untuk memperoleh masukan terkait isu-isu strategis yang dihadapi Bengkulu demi kemajuan pembangunan daerah. “Kami berharap dapat menyelesaikan masalah-masalah ini untuk kemajuan daerah,” kata Yuliswani.

Acara tersebut juga dihadiri oleh sejumlah tokoh penting, termasuk Direktur Regional I Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas) RI, Abdul Malik Sadat Idris, Pelaksana Harian Direktur Jenderal Politik dan Pemerintahan Umum Kemendagri, Togap Simangunsong, serta Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda).

Tidak hanya itu, Gubernur Rohidin Mersyah juga memberikan Penghargaan Satu Data Indonesia Tingkat Daerah/Kota Tahun 2024 kepada Pemerintah Kabupaten Rejang Lebong, Pemerintah Kabupaten Seluma, dan Pemerintah Kabupaten Bengkulu Utara dalam acara Musrenbang Penyusunan RPJPD Provinsi Bengkulu Tahun 2025-2045.

Dengan digelarnya Musrenbang ini, harapan akan terciptanya pembangunan yang merata dan berkesinambungan di Provinsi Bengkulu semakin menguat. (adv)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *