Warga Rayo Bumi Ayu Tengah Mempersiapkan Launching Bank Sampah yang Digagas DLHK Provinsi Bengkulu dan Usin

Bengkulu, jurnalisbengkulu.com – Warga Rayo Bumi Ayu Provinsi Bengkulu Tengah melaksanakan Persiapan Launching Bank Sampah yang digagas oleh Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan Provinsi Bengkulu bersama Anggota DPRD Provinsi Bengkulu, Usin Abdisyah Putra Sembiring di Bumi Ayu Selebar Bengkulu, Minggu (19/11) siang.

Perlu diketahui, Program Bank Sampah Induk (BSI) dan Bank Sampah Unit (BSU) diharapkan mampu mengelola sampah yang tadi masalah itu harus berubah menjadi menguntungkan dan dapat mengurangi sampah sampai ke TPA.

Tampak hadir dalam peninjauan persiapan launching tersebut perwakilan DLHK Pemprov Bengkulu, Siti Farwati (Lala).

Dikatakan oleh Hesti Riawati salah satu Fasilitator Bank Sampah pada titik launching Bumi Ayu, kegiatan hari ini merupakan bentuk dari kekompakan fasilitator mempersiapkan rangkaian dari launching bank sampah di titik Bumi Ayu. “Merapatkan barisan, kumpulan kekompakan dan terus bergerak untuk lingkungan Bengkulu bersih,” tutur dirinya.

Dikatakan sebelumnya oleh Siti Farwati (Lala), sebagai Fungsional Pengendali Lingkungan DLHK Pemprov Bengkulu, Program Bank Sampah Induk (BSI) dan Bank Sampah Unit (BSU) ini di rencanakan akan dilaunching pada tanggal 29 November hingga 3 Desember 2023.

“Launching BSI dan BSU terhadap 54 unit Fasilitator Bank Sampah yang telah kita dampingi dari 2022-2023. Selanjutnya kita akan membagi pe rayon menjadi 4 titik” ungkap Lala.

Sementara itu dalam kesempatan lain Gubernur Bengkulu Rohidin Mersyah mengharapkan dengan launching tersebut adanya keseriusan dan pemahaman yang benar kepada masyarakat Provinsi Bengkulu terkait pengelolaan sampah agar menjadi keuntungan.

“Masyarakat di didik agar ada upaya pemberdayaan, sehingga pengelolaan sampah yang tadi masalah itu harus berubah menjadi menguntungkan, inikan sebuah perubahan yang sangat mendasar, tapi tentu tidak mudah, dibutuhkan keseriusan dan betul-betul ada pemahaman yang benar apa yang harus dilakukan,” terang Rohidin Mersyah.(Saprian Utama)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *