Yanmar Mahadi Himbau Kader Lingkungan Semangat Kelola Bank Sampah

Bengkulu, jurnalisbengkulu.com – Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan (DLHK) Provinsi Bengkulu bersama Anggota DPRD Provinsi Bengkulu, Usin Abdisyah Putra Sembiring SH melakukan Audiensi kepada Gubernur Bengkulu terkait launching pembentukan 54 Unit Bank Sampah Unit (BSU) dan Bank Sampah Induk (BSI)

Gubernur Bengkulu, Rohidin Mersyah mengharapkan dengan launching tersebut adanya keseriusan dan pemahaman yang benar kepada masyarakat Provinsi Bengkulu terkait pengelolaan sampah agar menjadi keuntungan.

“Masyarakat di didik agar ada upaya pemberdayaan, sehingga pengelolaan sampah yang tadi masalah itu harus berubah menjadi menguntungkan, inikan sebuah perubahan yang sangat mendasar, tapi tentu tidak mudah, dibutuhkan keseriusan dan betul-betul ada pemahaman yang benar apa yang harus dilakukan,” terang Rohidin Mersyah usai Audiensi di Balai Raya Semarak Provinsi Bengkulu, Kamis (16/11) siang.

Disisi lain Kabid Pengelolaan sampah, limbah B3 dan pengendalian pencemaran DLHK Provinsi Bengkulu, Yanmar Mahadi mengatakan dengan adanya launching ini, selain mengumpulkan masyarakat juga memberi pengetahuan kepada masyarakat tentang pengelolaan sampah. Dari hasil penelitian tambanya sampah yang ada di Bengkulu terdiri dari 70% organik dan 30% non organik.

“Kita programkan dengan adanya launching ini yang biasanya masyarakat kita jarang berkumpul, agar lebih guyub lagi dalam bergotong royong. Selain itu program ini juga yang harusnya sampah dari masyarakat 100% yang sampai ke TPA itu bisa kita oleh dapat diolah seminimal mungkin,” ungkap Mahadi.

Selain itu ia berharap dengan program ini yang benar-benar sampai ke TPA itu sekitar 10 % sehingga dapat memperpanjang umur TPA yang ada di Bentiring kota Bengkulu.

“Kami menghimbau kepada kader untuk tetap semangat dalam memilih dan memilah sampah agar keberlanjutan kehidupan dapat terwujud dimasa yang akan datang” pungkas Mahadi.

Untuk diketahui titik launching BSI dan BSU terdapat di Bentiring Permai, Bumi Ayu, GOR, dan Bertandang/Pondok Besi. (Saprian Utama SH)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *